Workshop Penyusunan RPS dan Rubrik Penilaian sebagai upaya untuk Peningkatan Mutu Akademik

Jogja (25/11) Peningkatan mutu yang berkelanjutan khususnya di bidang akademik terus dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan kalijaga. Sebagai bentuk komitmen dan dukungan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam menunjang peningkatan akademik tersebut. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah workshop penyusunan RPS dan rubrik penilaian. Acara ini di inisiasi oleh Bidang Akademik Dr. Erika Setyanti Kusumaputi, S.Psi., M.Psi. yang dilaksanakan di ruang siding dekan lantai 2 Fishum.

Dr. Mohammad Sodik, M.Si selaku dekan mengawali dan membuka kegiatan tersebut dengan menghimbau kepada seluruh dosen agar senantiasa memberikan pengajaran dan peningkatan penilaian terhadap mahasiswa dengan penuh keihklasan. “diharapkan dengan adanya workshop ini, kita dapat terus belajar dari ahlinya dan sebagai usaha memperbaiki pelayanan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan kita” tutur beliau. Turut hadir pula dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Dekan Bid. II, III, para Kaprodi dan Sekprodi, serta bapak dan ibu dosen pengampu matakuliah dari tiga prodi.

Pada kegiatan ini, Dr. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc. sebagai pembicara yang juga merupakan dosen di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang tergabung dalam Tim Ahli KJM, Fasilitator- Dikti,, dan juga Asesor AUN, mengharapkan seluruh peserta khususnya dosen FISHUM mampu membedakan konsep pendidikan berbasis input-output dengan berbasis outcome, menjelaskan komponen utama dari implementasi OBE (outcome based education), mengidentifikasi pengembangan kurikulum berbasis outcomes dan implementasi system pendidikan berbasis outcomes program studi dan matakuliah, serta memformulasikan RPS dan rubrik penilaian.

Ibu Leni Sophia menerangkan secara terperinci bagaimana konsep OBE, formulasi lulusan dan CPL, redesain kurikulum, serta proses penyusunan RPS. Dibahas pula rubrik penilaian yang distandarkan untuk memenuhi persyaratan OBE dan akreditasi sembilan kriteria. Setelah selesai menyampaikan materi tersebut, beliau pun mencoba untuk menganalisis RPS yang telah disusun oleh para dosen untuk dilakukan penyamaan persepsi dan perbaikan penyusunan RPS. Kemudian pada sesi akhir, para dosen yang hadir turut pula memberikan pertanyaan, tanggapan dan sharing terkait proses pembelajaran yang telah berlangsung. (May/Han)

Berita Terpopuler