Fishum Panen Doktor Lagi

Jogja (21/01), R. Rachmy Diana, M.Psi., Psi. dosen Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora resmi dikukuhkan sebagai doktor bidang psikologi keluarga islam pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan judul disertasinya “Pengaruh Pengasuhan Positif dan Kepribadian Agreeableness Terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Siswa Melalui Mediator Religiositas” berhasil dipertahankan pada sidang terbuka promosi doktor yang dipimpin oleh ketua sidang Erna Rochmawati, S.Kp., MNSc., M.Med., Ph.D.

Dalam sidang yang dilaksanakan di ruang promosi doktor Lt 3 Gedung Pascasarjana UMY ini bertindak selaku promotor Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag. dan co-promotor Dr. KH. Khoiruddin Bashori, M.Si. Sidang berlangsung sangat cair dihadapan para penguji, Promovenda memaparkan hasil temuannya mengenai keterlibatan orang tua dalam pendidikan karakter siswa sekolah dasar Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.

R. Rachmy Diana memukau saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para penguji dengan lugas dan berdasar. Penelitiannya ini memiliki tujuan pada pengaruh pengasuhan positif dan kepribadian Agreeableness terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan karakter siswa melalui mediator religiositas, menguji pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen secara langsung maupun tidak langsung dan mendeskripsikan bentuk-bentuk keterlibatan orang tua dan strategi sekolah untuk melibatkan mereka dalam pendidikan karakter siswa.

Dengan demikian, Dr. R. Rachmy Diana, M.Psi., Psi. resmi disematkan dalam namanya dan tercatat sebagai doktor ke 87 pada Prodi Psikologi Program Pascasarjana UMY. Selesainya studi beliau ini menjadi kebahagian bagi keluarga besar Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga pada umumnya dan terutama Prodi Psikologi pada khususnya yang telah berhasil menambah jumlah doktor di lingkungan Fishum.

Untuk itu, sebagai apresiasi Dr. Mohammad Shodik, M.Si beserta para wakil dekan bidang I, II, III dan para kaprodi, dosen dan tendik Fishum serta Dra. Hj. Susiloningsih, MA. sebagai mantan dekan Fishum ikut hadir dalam acara tersebut. Selain untuk memberikan dukungan secara moril juga sebagai bentuk penyemangat bagi dosen-dosen muda untuk mempersiapkan diri melanjutkan studi doktor.

Rasa bahagia pula diperlihatkan oleh keluarga besar yang selalu mendampingi Dr. R. Rachmy Diana, M.Psi., Psi. yakni suami, putra-putri dan para kolega yang turut hadir. Pada akhir sidang, sesi foto bersama menjadi penutup berakhirnya acara yang sangat bersejarah tersebut. (Han)

Berita Terpopuler