UIN Sunan Kalijaga Kedatangan Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam Seminar Motivasi Besama KAMI Indonesia

Minggu, 15 April 2018 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapat kehormatan dapat menyelenggarakan acara Seminar Motivasi yang diprakarsai oleh Gerakan Kami Indonesia. Seminar yang mengusung tema Spirit of Indonesia: Bangkitlah Pemuda ini merupakan serangkaian acara roadshow yang rencananya akan diselenggarakan di 150 kampus dari 37 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, beberapa tokoh penting turut hadir dan menjadi narasumber acara, antara lain Wakil Ketua MPR RI Dr. Mahyuddin selaku keynote speaker, Sri Sultan Hamengkubawana X yang memberikan pidato kebangsaan, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prf. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA., P.hd., serta beberapa tokoh penting lainnya, seperti Anggota Komisi III DPR RI bidang hukum, HAM, dan Keamanan Fasisal Akbar, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Ketua BNN Pusat Komjen Polisi Heru Winarko, Ketua KPK periode 2011-2015 Abraham Samad, pendiri grup lawak Bagito Dedi “Miing” Gumelar, dan CEO Kami Indonesia Muh. Asri Anas.

Berdasarkan data Gerakan Kami Indonesia, hasil registrasi online peserta seminar mencapai angka 1200 peserta. Tak pelak suasana gedung Convention Hall mendadak ramai oleh peserta yang hadir dalam acara seminar tersebut.

Menurut Asri Anas, salah seorang penggagas Gerakan Kami Indonesia, memaparkan bahwa gerakan ini muncul karena kegusaran yang mereka rasakan terhadap proses berkembangnya pemuda milenial saat ini. “Harapannya setelah diselenggarakan kegiatan ini, anak-anak muda dapat termotivasi dan lebih mencintai negaranya, serta optimis bahwa negara ini masih aka ada pada tahun 2030, seratus tahun bahkan seribu tahun lagi. Kita tidak ingin pemuda Indonesia menjadi anak muda yang cengeng, pemalas dan tidak punya motivasi dalam dirinya,” ungkapnya.

Selain itu, Gerakan Kami Indonesia yang dipelopori oleh anggota DRR/MPR RI tersebut bertujuan untuk memberikan pendidikan Pancasila yang kreatif serta inovatif. Hal tersebut dirasa perlu sebagai bentuk pemugaran edukasi Pancasila yang hari ini terkesan monoton dan membosankan.

“Mereka (para pemuda) adalah generasi pembaharu serta penerus pemimpin bagsa, sehingga perlu diberikan motivasi baru mengenai pendidikan Pancasila ini. Seperti ungkapan Bung Karno, berikan aku sepuluh pemuda akan aku getarkan dunia ini!” tuturnya dengan mengutip kata-kata sang proklamator tersebut.

Zulkifli Hasan selaku ketua MPR RI pun turut memberikan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan roadshow ini. Kepada para peserta seminar, ia mengajak mereka untuk turut aktif mengikuti kegiatan ini sampai selesai. “Mari kawan-kawan ikuti seminar seminar Spirit of Indonesia bersama KAMI INDONESIA yang didukung penuh oleh MPR RI. Acara ini sangat penting dan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan darinya,” tutur Zulkifli Hasan saat launching acara seminar Desember 2017 lalu. (Yusron)

Berita Terpopuler