Webinar Nasional: Melawan Penyalahgunaan Data Pribadi

Di era teknologi informasi, kebocoran data pribadi seringkali kita dengar. Beberapa kasus misalnya seperti kebocoran data pengguna aplikasi facebook, tokopedia, bahkan yang baru saja terjadi mengenai kebocoran data pengguna zoom yang diduga dijual belikan melalui situs darkweb oleh peretas. Kasus lain, misalnya kebocoran data atas nama Deny Siregar selaku pengguna telkomsel yang baru-baru ini juga ramai diperbincangkan. Banyaknya kasus kebocoran data, mengharuskan pemerintah bekerja lebih cepat, terutama dalam hal keamanan data warganya.

Isu ini yang kemudian di bahas dalam Webinar Nasional: Melawan Penyalahgunaan Data Pribadi (Penyikapan RUU Perlindungan Data Pribadi) yang terselenggara Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga. Webinar kali ini berlangsung Jumat, 17 Juli 2020 Pukul : 09.30-11.30 WIB. Acara ini berlangsung menggunakan platform zoom dan YouTube.

Terlihat hadir dalam webinar kali ini Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., (Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga) dan Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga. Dalam sambutannya, Dekan FISHUM menyambut baik adanya kegiatan ini. Beliau berharap acara ini mampu membantu audiens (peserta webinar) untuk lebih memahami lagi terkait dengan keamanan data.

“Tantangan-tantangan dari luar seringkali tidak bisa diatasi oleh pribadi. Sehingga lembaga-lembaga terkait termasuk dalam hal ini pemerintah perlu ikut campur terkait dengan penyalahgunaan data pribadi dan keamanan data warganya,” tutur Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., (Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga).

Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga. Menurutnya, UIN kedepannya harus memiliki lebih banyak ahli IT. Sebagai lembaga pendidikan, UIN memiliki tantangan untuk menghadapi era teknologi informasi. Apalagi dengan adanya COVID-19 semua pembelajaran dan kegiatan dilakukan secara daring. Di masa penjaringan jajaran wakil rektor dan dekan Fakultas di UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. berharap banyak ahli-ahli IT yang bergabung untuk bersama-sama memajukan UIN Sunan Kalijaga.

Selaku ketua acara, Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., MSn juga berharap hal yang sama. “Penyalahgunaan data fishum sangat peduli soal hal ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa penyalahgunaan data sangat dekat dengan kita. Seringkali masyarakat kita bahkan tidak mengetahui bagaimana memproteksi datanya. Misalnya ketika menggunanan free wifi di tempat umum. Saya harap, beberapa kasus kebocoran data yang nanti akan dibahas bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati terkait dengan data pribadi,”

Webinar kali ini mengundang beberapa narasumber yakni Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si selaku Profesor Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dave Akbarshah Fikarno, ME sebagai Anggota Komisi I DPR RI dan M. Rifqy Ma'arif, S.T., M.Eng. dari Pusat Studi Layanan Analitik Data UNJANI Yogyakarta. Acara ini dimoderatori oleh Yanti Dwi Astuti, M.A., selaku Akademisi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Bagi yang ketinggalan menyimak, webinar dengan tema Melawan Penyalahgunaan Data Pribadi (Penyikapan RUU Perlindungan Data Pribadi) bisa dilihat ulang di channel YouTube FISHUM UIN SUKA. (tri)