FISHUM Jadi Tuan Rumah Kompetisi Psychoposter dalam Olimpiade Psikologi Indonesia 2017

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga menjadi tuan rumah dalam kompetisi Psychoposter (27/10/2017). Psychoposter merupakan salah satu kompetisi bergengsi di acara Olimpiade Psikologi Indonesia (OPI) diantara kompteisi lain seperti Psychoclimb, Psychodebate, Psychoinovation, Psychovoice dan lain sebagainya. Kompetisi ini resmi dimulai setelah pembukaan OPI 2017 yang dilaksanakan di Gedung Prof. H.M Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (26/10/2017) kemarin.

Dalam sambutannya, Dr. Mochamad Sodik selaku Dekan FISHUM menyambut dengan baik para kontingen dari berbagai kampus di Indonesia serta mengapresiasi tema OPI tahun ini. Harmony in Diversity yang menjadi tema OPI tahun ini menurutnya merupakan sebuah pengakuan terhadap perbedaan yang ada. Mengingat perbedaan merupakan Sunatullah, maka negara yang besar sesungguhnya ialah negara yang bisa me-manajemen keragaman menjadi sesuatu yang indah.

Sebagai tuan rumah, beliau juga memberikan pesan kepada semua kontingen untuk tetap bersemangat dalam berkompetisi. “Fastabiqul khairat, mari berlomba-lomba dalam kebaikan. Sehingga kebaikan kita bisa memotivasi yang lain. Supaya kita semua adalah juara yang sebenarnya di dalam makna yang sesungguhnya,” tuturnya saat sambutan.

Di sisi lain, Pembukaan kompetisi Psychoposter juga dihadiri oleh Dr. Waryono Abdul Ghafur, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Menurutnya, OPI menjadi ajang kompetisi mahasiswa Psikologi yang akan melahirkan produktifitas mahasiswa. “Ini menjadi ajang yang baik. Seperti yang dikatakan pak Rektor semalam, bahwa tidak ada kemajuan tanpa kompetisi dalam masyarakat pluralitas,” jelasnya.

Senada dengan Wakil Rektor III, Hendris Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FISHUM juga mengapresiasi adanya OPI apalagi dalam acara pembukaan UIN menjadi tuan rumah. “Selamat dan sukses untuk acara Olimpiade Psikologi Indonesia. Semoga dalam kompetisi kali ini, mahasiswa khususnya Psikologi mampu menjadi mahasiswa yang produktif dengan berkompetisi,” ujar Hendris salah satu mahasiswa asal Madura saat ditemui usai menghadiri acara pembukaan Psychoposter.

Terlihat hadir dalam pembukaan acara OPI Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, M.Si Wakil Dekan Bidang Akademik, dosen-dosen Psikologi FISHUM serta LKM baik HM-PS maupun SEMA-F dan DEMA-F. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler