Pelatihan Pengembangan Karakter bagi Mahasiswa: “Karakter Kuat, Pribadi Hebat”

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pelatihan pengembangan karakter (17/09/2018). Pelatihan yang berlangsung di Gedung Prof Soenarjo (Convention Hall) lantai 1 ini mengangkat tema Karakter Kuat, Pribadi Hebat. Materi pelatihan pengembangan karakter ini disampaikan dalah 3 sesi, sesi pertama diisi oleh Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Miftahun Ni’mah Suseno, M.A., Psikolog. Sedangkan materi kedua diisi oleh Dr. Yayan Suryana, M.Ag dan Pihasniwati, S.Psi., M.A dan dimoderatori oleh Rika Lusri Virga M.A. Sedangkan di sesi ketiga, diisi oleh Achmad Zainal Arifin, Ph.D dan Fajar Iqbal, M.Si serta dimoderatori oleh Zidni Immawan M, M.Si.

“Pengembangan karakter itu penting. Bahkan waktu Job Fair kemarin (13-14/09/2018), banyak perusahaan yang tidak mensyaratkan S1 nya apa. Artinya apa? Profesionalisme itu sangat penting tetapi yang jauh lebih penting ialah karakter ini. Ini menunjukan bahwa kedepan selain profesionalisme persoalan penguatan karakter itu juga menjadi poin utama,” tutur Dr. Mochamad Sodik S.Sos,. M.Si Dekan FISHUM saat memberikan sambutan.

Beliau berharap dengan adanya pelatihan pengembangan karakter ini, mahasiswa FISHUM mampu bersaing baik saat menjadi mahasiswa maupun setelah lulus nanti. Apalagi di era kecanggihan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat, kemampuan akademik tidak bisa dijadikan satu-satunya elemen yang diperlukan. Tetapi juga harus memiliki bekal yang baik, sehingga mahasiswa setelah lulus nanti siap menghadapi tantangan di era hari ini.

Senada dengan Dekan FISHUM, Rachmy Diana, S. Psi., M.A., Psi juga memiliki harapan yang sama. “Membantu adik-adik mahasiswa untuk meningkatkan, memperbaiki karakter yang dimilikinya agar menjadi tangga meraih kesuksesan baik di masa perkuliahan maupun setelah mahasiswa lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora,” jelasnya saat sambutan.

Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si sebagai narasumber pertama menjelaskan bahwa pentingnya karakter bagi mahasiswa. Karena, mahasiswa tidak cukup hanya memiliki hard skill saja. Tetapi juga harus menguasai soft skill dan salah satunya ialah memiliki karakter. Tentu harapannya mahasiswa FISHUM memiliki karakter yang baik dan bijaksana. “Hal-hal yang semakin rumit, semakin ke atas itu membutuhkan karakter. Kepemimpinan itu juga membutuhkan dua hal yakni strategi dan karakter,” jelasnya.

Terlihat hadir dalam pelatihan kali ini Dr. Sulistyaningsih S.Sos M.Si Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Wakil Dekan II Bidang Administrasi Dr. Sabarudin, Kepala Bagian tata usaha Dra. Budhi Susilowati, serta Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Humanioara. (tri)

Berita Terpopuler