Nyantri di FISHUM 2019, Dr. Mochamad Sodik Ajak Ikuti Akhlak Nabi

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menggelar kegiatan “Nyantri di FISHUM”. Tahun ini (2019), kegiatan Nyantri juga diisi oleh pembacaan Al-Quran 30 Juz oleh Tim Mizana.

Berlangsung Jumat-Sabtu, 10-11 Mei 2019, kegiatan ini mengangkat tema “Ramadhan Family Gathering: Nyantri di FiSHUM,”. Tidak hanya membaca Al-Quran, sivitas akademika yang mengikuti kegiatan ini juga mendapatkan siraman rohami dari beberapa pembicara.

Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si, Dekan FISHUM juga turut hadir. Dalam sambutannya, ia berharap bahwa kegiatan seperti ini bisa menjadi acara tahunan. Menurutnya, kegiatan membaca Al-Quran merupakan kegiatan yang baik. Karena, dari sinilah kita bisa meniru akhlaq nabi.

“Akhlak nabi adalah Al-Quran. Kekuatan Al-Quran merupakan kekuatan luar biasa. Unzila bil Quran. Mengapa bulan ini mulia?. Karena bulan diturunkannya Al-Quran,” tutur Dekan dalam sambutannya.

Selain meningkatkan pengetahuan keagamaan, FISHUM juga terus berupaya meningkatkan kapasitas sivitas akademika.

“Kita rencanakan di tahun 2020 kita perkuat dengan program internasionalisasi bagi dosen,” jelas Dekan.

Kegiatan Nyantri ini juga dihadiri oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi adanya kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan rohani dan meningkatkan pengetahuan keagamaan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga menjadi penting. Apalagi UIN sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Pengetuan tentang Islam yang Rahmatallil’alamin memang sudah sewajarnya tertanam oleh sivitas akademika UIN. Tidak terkecuali FISHUM sebagai salah satu Fakultas umum.

“Orang Islam itu orang yang harus bertindak terlebih dahulu secara ilmiah,” tuturnya.

Sebelum membaca Al-Qur’an, menjelang Adzan Maghrib, kegiatan Family Gatehring Ramadhan ini diisi dengan sarasehan. Narasumber sarasehan kali ini ialah Drs. Bono Setyo, M.Si., Dosen Ilmu Komunikasi, Zidni Immawan Muslimin, S.Psi, M.Si Doses Psikologi dan Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D selaku Kaprodi Sosiologi.

Materi yang disampaikan oleh ketiga narasumber ialah “Meneguhkan nilai-nilai Keislaman, Keindonesiaan dan Kesunan-Kalijagaan,”.

Zidni Immawan Muslimin, S.Psi, M.Si., dalam materinya menjelaskan pentingnya mengembangkan tradisi intelektual. Tradisi intelektual antara lain ialah kemampuan membaca, kemampuan menulis, berdiskusi dan beraksi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Dekan II bidang administrasi, Dr. Sabarudin, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., Dra. Budhi Susilowati, M.A, Kepala Bagian Tata Usaha dan Kasubag I, Dra. Tri Agustin Nugraheni, Kasubag II, Eni Iroh Hayati, SE, M.Si, dan dosen dan mahasiswa yakni Tim Mizana di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. (tri)

Berita Terpopuler