Dosen dan Tendik FISHUM Ikuti Joint Conference di Universiti Putra Malaysia (UPM) Sekaligus Jajaki Kemungkinan Kerja Sama

14 Delegasi FISHUM yang terdiri dari 11 dosen dan 3 orang tendik ikuti joint conference yang diakadakan oleh UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Universiti Putra Malaysia. Joint Conference yang mengambil tema “Human and Social Development in Southeast Asia: Achievements, Prospect and Policy Challenges” ini dilaksanakan pada 5-6 November 2019 bertempat di Fakulti Human Ecology Universiti Putra Malaysia, Serdang Selangor.

Selain diikuti oleh presenter dari UIN Sunan Kalijaga, tercatat sebanyak 14 orang presenter dari UPM juga mengambil bagian dalam konferensi ini. Sub tema pembahasannyapun bermacam-macam dari Politik, Sosial, Budaya sampai Agama.

Menurut Achmad Uzair, Ph.D ketua International Office UIN Sunan Kalijaga, sekaligus salah satu inisiator program, joint conference ini dilaksanakan guna mempererat hubungan antara UIN Sunan Kalijaga dengan Universiti Putra Malaysia khususnya Fakulti Human Ecology. Harapannya, di tahun-tahun mendatang joint conference semacam ini mampu menjadi platform pengembangan keilmuan universitas-universitas di lingkungan ASEAN. Mengingat saat ini kerja sama dengan kampus-kampus di lingkungan ASEAN masih minim dilakukan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Accoc. Prof. Tarmidzi Thalib, dosen UPM sekaligus panitia joint conference, ia mengungkapkan “Saat ini kampus-kampus di ASEAN masih berlomba—lomba untuk membangun kerjasama dengan kampus-kampus di Eropa, hal ini memang bagus, tetapi memakan biaya yang amat mahal dan hanya sedikit orang yang dapat terlibat.

Disela-sela kegiatan konferensi beberapa delegasi FISHUM yakni Dr. Sabarudin (Wakil Dekan II), Budhi Susilowati M.A., (Ka. Bag TU), Dra. Tri Agustin Nugraheni (Kasu. Bag I Bidang Akademik) dan Enny Iroh Hayati M.Si. (Kasu. Bag. II bidang Keuangan) di damping Achmad Uzair, Ph.D melakukan kunjungan ke Fakulti Human Ecology. Kunjungan ini bertujuan untuk membicarakan kemungkinan kerjasama antara Fakulti Human Ecology dan FISHUM kedepannya diantaranya adalah kesediaan pihak Fakulti Human Ecology untuk berpartisipasi dalam AICoSH dan Youth Camp yang akan di adakan pada tahun 2020 mendatang. (Adit)

Liputan Terpopuler