Upaya Mewujudkan “High Impact Cooperations”

Setelah mengikuti Joint Conference dan kunjungan ke UPM, Dosen dan Tendik FISHUM melakukan kunjungan ke Language Academy, Faculty of Social Sciences and Humannities, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor Baru pada 7 November 2019. Kunjungan disambut langsung oleh Prof. Dr Zaidatun Tasir Dekan Faculty of Social Sciences and Humanities, UTM bersama dengan dua orang lainnya, yakni Dr. Abdullah bin Mohd Nawi (Asisten Dekan Bidang External dan Global engagement) dan Prof. Hamdan Said.

Dr. Sabaruddin dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini. Ia menyampaikan bahwa FISHUM berkeinginan menjalin kerja sama dengan UTM. Di kesempatan yang sama Rama Kertamukti, M.Sn, juga menyapaikan bahwa sebelumnya Prodi Ilmu Komuikasi FISHUM sebelumnya pernah menjalin kerja sama dengan salah satu dosen UTM dalam bidang riset kolaboratif. “Kami pernah melakukan riset bersama dan Alhamdulillah hasil riset tersebut sudah terpublikasi di jurnal internasional”, pungkasnya.

Di sisi lain, Achmad Uzair, Ph.D berkali-kali mengungkapkan saat ini UIN Sunan Kalijaga melalui International Office sedang mendorong kerja sama dengan universitas-universitas di luar negeri. Ia mengungkapkan, “Saat ini International Office sedang bekerja keras untuk mendorong kerja sama yang memiliki “High Impact”. Ia menggunakan istilah “High Impact” untuk menjelaskan kerja sama yang dapat meningkatkan kualitas institusi UIN di kancah internasional. “Kerja sama dengan High Impact tentu bukan hanya kerja sama sebatas penandatanganan MoU saja, yang lebih penting adalah munculnya kegiatan-kegiatan kolaborasi yang dilakukan setelahnya” tegasnya.

Pihak UTM juga mengharapkan hasil yang sama dari kunjungan tersebut. Sebgaimana yang disampaikan oleh Dr. Abdullah bin Mohd Nawi dalam sambutannya.

Di akhir kunjungan pihak UTM dan FISHUM menyepakati beberapa hal menyoal kerja sama yang perlu ditindak lanjuti. Diantaranya adalah mengenai riset kolaboratif, pengurusan jurnal internasinal dan juga partisipaasi UTM dalam AICoSH baik sebagai Keynote Speaker, presenter maupun reviewer. Selain itu pihak UTM juga akan mempertimbangkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Youth Camp 2020 mendatang. (Adit)

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler