PBAK 2021 Angkat Tema “Cakap Literasi Digital, Wujudkan Integrasi Sosial”

Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilaksanakan pada 19 – 21 Agustus 2021. Rangkaian kegiatan ini harus diikuti oleh mahasiswa baru dari 8 fakultas yeng terdapat di UIN Sunan Kalijaga, begitupula dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora yang juga sudah mempersiapkan serangkaian acara untuk menyambut mahasiswa baru. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora memiliki 3 jurusan diantaranya Ilmu Komunikasi, Psikologi dan Sosiologi.

Pada hari pertama mahasiswa baru diminta untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh universitas terlebih dahulu, kegiatian ini berupa pembukaan, serta sambutan-sambutan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Phil Al Makin beserta jajarannya. Kemudian peserta juga mengikuti rangkaian berbagai materi seperti Materi Keislaman “Membumikan Moderasi Beragama dalam Dunia Kampus” oleh Savic Ali, Metri Keindonesiaan “Merawat Kebhinekaan dalam Dunia Kampus” oleh Prof. Yudian Wahyudi. Kemudian pada hari pertama ini juga mahasiswa diajak untuk melihat Profil Unit Kegiatan dengan diputarkannya film. Terakhir dilanjutkan dengan Kode Etik Mahasiswa dan Pola Pembinaan yang dijalaskan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Barulah pada proses PBAK hari kedua mahasiswa baru mengikuti rangkaian di fakultas masing-masing. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora mahasiswa baru disambut dengan hangat oleh Dekan Fakultas Dr. Moch. Shodiq, S.Sos, M.Si. dalam sambutanya beliau menyatakan kebanggaan terhadap mahasiswa baru karena telah bergabung menjadi bagian fakultas ilmu sosial dan humaniora “selamat datang fishum muda, karena kalian akan menjadi bagian dari fishum. Fishum muda, fishum terkemuka membuana yang bermakna membumi yang wigunani. Oleh karena itu adik-adik sekalian saya sangat bangga dengan pilihan adik-adik fishum di jurusan sosiologi, psikologi dan ilmu komunikasi.” Pungkas beliau. Sambutan pun dilajutkan oleh Ketua Panitia PBAK Fakultas Ahmad Zuhri, M.Ikom, sambutan Ketua Dema Fakultas Fajar Wahyu Gumelar, dan diakhiri sambutan Wakil Dekan III Dr. Badrun Alaena, M.Si.

Rangkaian acara selanjutnya adalah pengenalan profil fakultas yang dimulai dari visi, misi, tujuan dan sasaran oleh Dekan Fakultas, dilanjutkan dengan Wakil Dekan I mengenai Akademik dan Pengembangan Lembaga, Wakil Dekan II mengenai Administrasi Sarana dan Prasarana, Wakil Dekan III mengenai Kemahasiswaan, Alumni dan kerjasama serta diakhiri oleh bagian Tata Usaha Endah Susilandari, S.H., M.Si. setelah profil fakultas dilanjutkan dengan pengenalan profil program studi yang diambil alih oleh masing-masing Kaprodi dan Sekprodi; Ilmu komunikasi oleh Dr. Rama Kertamukti, M.Sn. dan Dr. Diah ajeng Purwani, M.Si., Psikologi oleh Lisnawati, M.Psi. Psikolog dan Meyrina Nurwadani, M.Psi. Psi., Sosiologi oleh Dr. Muryanti, S.Sos, M.A dan Agus Saputro, M.Si.

Selanjutnya mahasiswa baru diajak untuk berkenalan dengan Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Proses pengenalan ini diawali oleh Ketua Senat Mahasiswa Fakultas (Sema-F) Ach. Mustofa Raja’ dan Dewan Mahasiswa Fakultas (Dema-F) Fajar Wahyu Gumelar. setelah itu dilanjutkan dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS); Ilmu Komunikasi oleh Anugrah Syafiq Fahlevi selaku ketua, Psikologi oleh Devita Lestari selaku ketua, dan diakhiri oleh Abdurrokhim Muqodas selaku wakil ketua HM-PS Sosiologi.

Pada hari ketiga PBAK Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora mengadakan Talkshow, acara ini dilakukan guna mahasiswa baru mendapatkan pemahaman dan membuka wawasan serta penalaran baru bagi mereka. Talkshow I oleh Dr. Waryani Fajar Riyanto, S.H.I., M.Ag. dengan tema “Memperkokoh Toleransi Beragama di Masa Kini”. Beliau menjelaskan bahwa berbicara toleransi maka kita berbicara mengenai umat beragama. Beliau menggambarkan keterkaitan toleransi, intersubjektifitas dan moderasi seperti pohon. Jika moderasi adalah sebuah proses maka intersubjektifitas adalah hubungan yang berkaitan dengan antar subjek dan hal ini bisa dikatakan sebagai ilmunya sedangkan toleransi adalah hasilnya, sehingga ketika kita membahas toleransi maka diharapkan kita juga memahami moderasi dan intersubjektifitas. Beliau juga membahas mengenai cyberreligion, yaitu sebuah model pengendalian pengguna internet terhadap Agama kepercayaannya.

Talkshow II oleh narasumber Handini, S.I.Kom., M.I.Kom. dengan tema “Peran Mahasiswa : Narasi Bukan Sekedar Sensasi”. Beliau menjelaskan penuh semangat sehingga mampu membuat suasana mahasiswa baru menjadi begitu antusias di tempatnya masing-masing. Dalam penjelasannya beliau mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan mengenai kuliah; pertama ialah untuk mencari ilmu, kemudian beliau menjelaskan juga bahwa kuliah adalah sebagai praktis yang mana isinya adalah untuk meningkatkan mutu hidup, pertemanan hingga stastus sosial di masyaraka. Terakhir beliau menyampaiakan alasannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran bahwa pendidikan itu penting, sebagai generasi bangsa, sadar akan kebebasan berpikir, dan sadar akan tujuan hidup.

Rangkaian acara di fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora berakhir dengan closing statement yang dipimpin oleh Ketua Dema Fakultas Fajar Wahyu Gumelar beliau menyampaikan agar mahasiswa baru dapat belajar dengan nyaman dan menyelesaikan tujuannya dengan baik hingga akhir. Setelah itu mahasiswa baru dialihkan untuk ikut inagurasi yang diadakan oleh panitia universitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (panitia PBAK)