Sharing Session: With Goshen College’s Student

Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim yakni sebesar 86,7% (BPS, 2018). Masuknya Islam ke Indonesia merupakan sejarah panjang para ulama. Maka, proses interaksi antara nilai-nilai agama dengan kebudayaan yang sudah ada jauh sebelumnya menjadi isu yang menarik untuk dikaji. Kondisi masyarakat Islam di Indonesia ini dijelaskan oleh Achmad Zainal Arifin, Ph.D. Dosen Sosiologi didepan mahasiswa dari Goshen College’s yang sedang berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga.

Sharing Session: With Goshen College’s Student berlangsung Selasa, 12 Februari 2024. Acara ini bertempat di Conference Room lantai 1 FISHUM UIN Sunan Kalijaga. Prof. Al Makin Rektor UIN Sunan Kalijaga juga turut hadir dalam forum kali ini. Saat memberikan sambutan, beliau mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa Goshen College’s. Beliau menyambut baik kehadiran mahasiswa-mahasiswi dari Amerika dan ikut senang dengan antusiasme mereka mengikuti berbagai materi. Salah satunya materi tentang Islam di Indonesia serta memperkenalkan kampus UIN Sunan Kalijaga sebagai salah satu kampus Islam Negeri.

Achmad Zainal Arifin, Ph.D. selaku narasumber juga menjelaskan terkait dengan kehidupan pesantren. Dalam sesi Sharing Session, peserta juga bertanya bagaimana proses belajar mengajar yang terjadi di pesantren. Mengingat, siswa belajar agama dan menginap. Selain itu, dalam forum ini terjadi diskusi soal kondisi sosial masyarakat dan interaksinya dengan masyarakat non muslim. Selain materi yang disampaikan oleh Achmad Zainal Arifin, Ph.D. mahasiswa/i Goshen College’s juga diajak berkeliling melihat Gedung kampus UIN serta Laboratorium Agama UIN Sunan Kalijaga.

Saat berkeliling, peserta mendapatkan materi dari Dr. (Cand.) Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M.Sc. Dosen Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. Beliau bercerita sejarah berdirinya UIN Sunan Kalijaga hingga core value’s kampus. Selain itu, berbagai sejarah dan peran Kanjeng Sunan Kalijaga dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Terlihat hadir pula dalam acara ini Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan Fakultas Dakwah, Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd. Para pimpinan, serta Kaprodi Sekprodi FISHUM UIN Sunan Kalijaga. Acara ini dipandu oleh Halimatus Sa’diyah, S.I.Kom., M.I.Kom. Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. (Tri)

Berita Terpopuler